Le Clezio, Peraih Nobel Sastra 2008

Siapakah sejatinya seorang sastrawan?

Di mata Jean-Marie Gustave Le Clezio (68), peraih Hadiah Nobel Sastra 2008, sastrawan, secara khusus novelis, bukanlah filsuf, bukan pula teknisi bahasa tutur. “Dia adalah seseorang yang menulis, tentu saja, dan melalui novel dia bertanya,” katanya.
Le Clezio menekuni dunia sastra sepanjang hidupnya. Sejak masih belia, usia 8 tahun, Le Clezio sudah menulis. Hingga kini, lebih dari 50 novel, esai, cerita pendek, telah lahir dari tangannya.
Terobosan besar Le Clezio sebagai novelis adalah Desert (1980). Novel ini berkisah tentang kebudayaan yang hilang di gurun Afrika Utara, dan dikontraskan dengan Eropa yang dilihat melalui kacamata seorang imigran.
Sebelum dikenal sebagai penulis yang peduli pada tema-tema humanis dan pemerhati anak, Le Clezio sempat dikenal sebagai sastrawan “berani.” Itu karena pada era 1963-1975, dia lebih banyak mengeksplorasi tema-tema bahasa, tulisan, serta ketidakwajaran. Karya-karyanya waktu itu lebih banyak terinspirasi penulis kontemporer ternama seperti Georges Perec atau Michel Butor. Oleh publik Prancis, dia dikenal sebagai sastrawan yang suka menciptakan hal-hal baru dan seorang pemberontak.
Namun, gaya penulisannya berubah drastis pada akhir era 1970an. Dia meninggalkan hobinya dalam bereksperimen. Karya-karyanya pun menjadi lebih halus. Dia mulai banyak mengekplorasi tema-tema yang lebih ringan seperti masa kanak-kanak, remaja dan perjalanan. Perubahan itulah yang lantas membuatnya menjadi lebih tenar dan dianggap layak menerima Nobel Sastra 2008. (sumber jawa pos/kompas)

Iklan

12 pemikiran pada “Le Clezio, Peraih Nobel Sastra 2008

  1. ga berpikir sejauh itu, yang penting semangat belajar menulis

    : peraih nobel sastra pun ketika menulis, mungkin tidak pernah terpikir (kelak) akan mendapatkan hadiah nobel sastra. nah, siapa tahu awym menjadi penerima hadiah nobel sastra pada tahun 2038. ya kan, siapa tahu?

  2. semoga nanti, saya adalah blogger Indonesia pertama

    yang dapetin Nobel versi digital. :mrgreen:

    kalo enggak, mudah – mudahan saya adalah penulis Indonesia

    pertama yang dapetin Nobel betulan,atau…

    Piagam MURI kali 😀 😀 😀 ngalahin Laskar Pelangi 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s